21 Jenis Hewan Vivipar Beserta Contoh & Cirinya

Dalam mata pelajaran IPA, kita sering mendengar istilah perkembangbiakan. Yaitu sebuah fase penciptaan makhluk hidup atau keturunan pada hewan. Secara ilmiah, perkembangbikan hewan dibagi menjadi berbagai jenis. Salah satunya jenis hewan vivipar.

Mewski ada berbagai macam jenisnya, namun kali ini kita akan bahas mengenai hewan vivipara terlebih dahulu. Simak ulasan berikut ini ya.

Pengertian Hewan Vivipar

Vivipara dalam materi IPA merupakan hewan yang berkembangbiak dengan cara beranak atau melahirkan. Perkembangbiakan jenis ini juga biasa terjadi pada jenis hewan mamalia.

Dengan cara produksi pembuahan sel telur jantan yang masuk dan bertemu langsung dengan sel telur betina dalam satu naungan induk yang sama.

Pembuahan sel telur tersebut akan menjadikan masa pertumbuhan spesies hewan yang sesuai dengan induknya. Jadi pasti ada kemiripan dengan kedua atau salah satu induknya (jantan betina).

Ciri-Ciri Hewan Vivipar

  • Hewan vivipar dapat kamu ketahui dari ciri-ciri sebagai berikut:
  • Sang induk menyusui
  • Memiliki daun telinga sangat jelas
  • Tubuh dibalut dengan bulu/rambut
  • Induk mengandung dalam waktu yang cukup lama dibanding hewan lain
  • Paling didominasi hewan mamalia
  • Induk memberi asupan dengan kelenjar susu

Contoh Jenis Hewan Vivipar`

Bilamana kita belajar hanya dengan mengetahui pengertian dan ciri-cirinya, maka kurang lengkap bila tak disandingkan dengan contoh hewan-hewan yang termasuk dalam kategori hewan vivipar.
Yuk simak berbagai macam hewan vivipar di bawah ini:

1. Sapi

Sapi adalah hewan macam vivipar yang pertama. Mengapa begitu? Ya, karena sapi lenih mudah dijabarkan dan banyak yang sudah tau wujud dan perilakunya. Jadi kita semua mudah mengerti dan paham bila dijelaskan.

Sapi masuk dalam kategori vivipar karena semua ciri-ciri hewan vivipar dapat kita temui di dalamnya, antara lain: mengandung, beranak, induk betina memiliki kelenjar susu dan menyusui.

Selain masuk dalam kategori hewan vivipar, sapi juga sangat bermanfaat bagi manusia. Karena lebihnya kandungan susu dan adanya kemiripan susu sapi dengan manusia, membuat susu sapi menjadi alternatif pertama pengganti asi (note: dengan diolah terlebih dahulu).

Selain itu, sapi juga masuk dalam golongan hewan pemakan rumput, yakni herbivora. Nah, dengan tenaganya dan mayoritas hidup di persawahan. Sapi juga biasa diperuntukan untuk bajak (menggemburkan tanah) oleh para petani lho.

Baca selengkapnya tentang sapi di merahputihdotcom.

2. Gajah

gajah
gajah

Gajah termasuk hewan vivipar juga disebabkan oleh masuknya kriteria ciri-ciri hewan vivipar di atas.

Ciri-ciri gajah sangat menonjol dan menjadikan hewan ini sangat berbeda dengan hewan lain. Yaitu memiliki hidung panjang dan telingan lebar.

Termasuk hewan mamalia dalam golongan elephantidae dan ordo proboscidae. Ditemukan pertama kali di Benua Afrika yang dahulu bisa mencapai 7 ton.

3. Kuda

kuda putih
kuda putih – horseasy.com

Kuda adalah hewan mamalia yang masuk dalam golongan genus equus spesies modern. Karena kepandaian dan kecerdasannya kuda sangat bermanfaat bagi berlangsungnya kehidupan manusia.

Mulai dari pemanfaatan tenanga, pemerahan susu hingga pengambilan daging untuk konsumsi. Baca selengkapnya tentang kuda di horseasy.com.

4. Unta

unta
unta

Spesies hean berkuku belah yang berkelas genus camelus, unta. Memiliki habitat di gurun dan daerah panas di benua Asia. Umur dari unta terbilang cukup lama, rentan 30-50 tahun usianya.

Uniknya unta tak seperti hewan lain yang tak tahan panas dan gurun. Khusus untuk unta, Tuhan menciptakan keagungan-Nya untuk ditunjukkan kepada manusia, bahwa ada hewan hebat yang bisa bertahan di daerah panas bergurun tanpa ada air dan makan dalam waktu yang cukup lama dibanding hewan lain.

Kenapa bisa begitu? Karena unta memiliki punuk untuk menyimpan cadangan air dalam tubuhnya. Jadi terhindar dehidrasi begitu

5. Kambing

kambing
kambing

Kambing juga merupakan hewan mamalia yang berkaki empat seperti hewan-hewan vivipar sebelumnya di atas. Hanya saja kambing lebih kecil dan tidak dimanfaatkan tenaganya.

Namun kambing juga diambil manfaatnya oleh manusia melalui susu, daging dan kulitnya.

Sejarah kambing sudah sangat lama dibudidayakan oleh manusia. Sudah 9000an tahun yang lalu dkenal sebagai hewan jinak dan banyak manfaat untuk menunjang kehidupan manusia.

6. Singa

singa
singa

Meski masuk dalam kelas karnivora, singa merupakan hewan vivipar. Memakan daging dengan cara berburu hewan lain adalah kegiatan singa untuk menyambung hidup.

Masuk dalam kategori hewan vivipar karena mengandung anak, melahirkan dan menyusui.

7. Orang hutan

hewan langka di dunia

Orang utan merupakan hewan sejenis kera yang memiliki ukuran tubuh yang besar dengan warna bulu kemerahan atau cokelat. Hewan ini dahulunya hanya hidup di daerah hutan tropika Indonesia dan malaysia. Khususnya di daerah Pulau Kalimantan atau Pulau Sumatra.

Orang utan memiliki tubuh yang gemuk dan besar, juga lengan besar dan panjang. Dan tubuhnya ditutupu bulu berwarna merah kecoklatan. Mereka memiliki kepala yang besar dan posisi mulut yang tinggi.

8. Singa laut

singa laut hewan vivipar
singa laut hewan vivipar

Singa laut memiliki golongan spesies eman genera pinnipedia modern. Selain itu mereka merupakan mamalia yang hidup di laut bersama mamalia lainnya yaitu anjing laut dan lumba-lumba. Singa laut memiliki habitat utama di semua samudra seluruh dunia kecuali Samudra Atlantik.

9. Paus

paus
paus

Paus adalah salah satu mamalia yang hebat di lautan. Perlu dimengerti, meski hidupnya di laut yang bernotabe banyak air, tetapi hewan ini bernafas dengan menggunakan paru-paru.

Bagaimana cara bernafasnya? Paus akan menuju ke permukaan air laut untuk menghirup udara kemudian kembali ke laut, begitu seterusnya.

Jadi jangan heran bila kamu melintasi lautan dengan kapal lalu melihat ada paus datang ke permukaan. Paus tersebut mengambil udara lalu kembali berennang.

10. Dan lainnya

hewan vivipar
hewan vivipar

Seperti kelinci, tupai, kucing, anjing laut, harimau, monyet, lumba-lumba, jerapah, codot, tikus, lumba-lumba.

Nah, berakhir sudah penjelasan dan penjabaran mengenai hewan vivipar. Mulai dari pengertian, ciri hingga contoh jenis hewan viviparnya.

Semoga bisa bermanfaat untuk temn-teman. Salam lestari dunia hewan. Semoga beruntung teman-teman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *