3 Jenis-Jenis Bahan Kaos yang Baik Untuk Konveksi

Apakah anda sedang mengenakan kaos saat ini? Jika anda menjawab ya, tahukah jenis bahan apa dari kaos yang anda kenakan? Tidak semua orang tentunya bisa menjawab pertanyaan yang kedua. Kenapa demikian karena mungkin banyak orang, termasuk juga anda bisa saja menganggap bahwa jenis jenis bahan kaos yang anda gunakan tidak terlalu penting, yang penting saat anda mengenakan kaos, anda merasa nyaman dan cocok dengan diri anda.

Jenis Jenis Bahan Kaos

Hal yang diungkapkan diatas bisa saja benar, tapi bisa juga salah, karena jenis jenis bahan kaos secara tidak langsung akan mempengaruhi kenyamanan anda saat mengenakannya. Ada kalanya kaos yang anda kenakan memiliki desain yang menarik dan sesuai dengan kepribadian anda, tapi bagaimana jika ternyata tidak nyaman saat dikenakan? Tentu anda akan merasa risih dan kecewa juga, hingga akhirnya kaos yang anda punya tersebut tidak lagi anda pakai.

Itulah kenapa jenis jenis bahan kaos harus anda ketahui agar anda tahu jenis jenis bahan kaos apa yang cocok untuk anda gunakan, apalagi kenyamanan setiap orang pastinya dipengaruhi oleh hal yang berbeda-beda. Tapi tidak hanya untuk kenyamanan pada diri anda sendiri saja anda harus mengetahui jenis jenis bahan kaos. Jika anda ternyata memiliki usaha di bidang kaos maka hal jenis jenis bahan kaos sangat harus anda ketahui dan pahami dengan sangat baik.

Nah, agar anda semua lebih mengetahui dan paham lagi kali ini kami akan mengulas berbagai macam jenis jenis bahan kaos yang sering digunakan untuk kaos. Sehingga nantinya saat anda membeli kain untuk produk kaos yang anda jual anda tidak akan salah. Begitupun juga dengan anda yang ingin membeli kaos untuk digunakan sehari-hari, anda jadi lebih tahu lagi bahan apa yang cocok untuk anda kenakan.

Untuk mempersingkat waktu simak saja beberapa penjelasan tentang Jenis Jenis Bahan Kaos yang biasa digunakan pada kaos di bawah ini.

Cotton Combed (Katun Combed)

Jenis bahan kain yang satu ini merupakan bahan yang didapatkan dari serat kapas, serat tersebut pun memiliki karakteristik benang yang lebih halus dibandingkan bahan lainnya, tidak berbulu, lebih rata dan hasil rajutannya pun lebih bagus. Cotton Combed pun memiliki beberapa jenis lagi dan diklasifikasikan berdasarkan ketebalannya, ada 20s, 24s, 30s dan 40s. Semakin besar angka dari jenis kainnya maka akan semakin tipis bahannya, dan harganya juga semakin mahal. Pada umumnya kaos yang dijual di distro clothing mamakai bahan 20s dan 30s, dan untuk jenis lainnya juga sering digunakan untuk kaos lainnya, seperti kaos khusus wanita atau pakaian dalam, jenis kaos tersebut juga disesuaikan dengan karakter bahannya.

Cotton Combed juga memiliki ciri-ciri atau sifat khusus yang cukup berbeda dibandingkan bahan lainnya, seperti:

  • Serat benang halus
  • Tekstur kain dan hasil rajutan cukup rata dan tidak berbulu
  • Nyaman untuk dipakai karena kainnya lembut dan halus
  • Terasa sejuk dan tidak panas karena mampu menyerap keringat
  • Tidak mudah kusut dan luntur
  • Sangat mudah untuk proses sablon

Cotton Carded (Katun Carded)

Bahan yang satu ini hampir memiliki kesamaan dengan cotton combed, dimana memiliki beberapa jenis seperti 20s, 30s dan yang lainnya. Namun perbedaannya serat benang dalam cotton carded tidak terlalu halus. Hasil rajutan serta penampilan dari bahan yang satu ini kurang rata dan halus. BBiasanya cotton carded sering digunakan untuk kaos dengan target pasar kelas menengah, hal tersebut karena harga dari bahan ini lebih murah dibandingkan cotton combed. Meskipun bahannya cukup murah, kaos ini masih nyaman untuk digunakan karena terbuat dari serat kapas alam.

Bahan cotton carded juga memiliki ciri yang khusus, seperti:

  • Serat benang kurang halus bahkan cenderung kasar dan kaku
  • Tekstur bahan dan hasil rajutan kurang rata
  • Terasa sejuk dan tidak panas karena mampu menyerap keringat
  • Tidak mudah kusut dan luntur
  • Mudah untuk proses penyablonan

Viscose

Jenis bahan visccose juga sering disebut dengan rayon, yang merupakan sebuah bahan serat sintesa celulosa organic (buatan manusia). Untuk tekstur, bahan ini hampir sama dengan tekstur kapas. Bahan kain yang satu ini juga memiliki kesan mewah, harganya juga cukup mahal sehingga jarang tersedia di pasaran. Viscose pada umumnya digunakan agar bisa menambah kenyamanan pada serat sintesis dan menambah kecerahan warna. Kelebihannya serat dari bahan ini tahan akan kelembaban yang cukup tinggi dan memiliki warna cemerlang serta lebih lembut dibandingkan kapas.

Cotton Viscose (CVC)

Untuk kaos jenis bahan yang satu ini merupakan kain bahan campuran antara 55% Cotton combed dan 45% Viscose. Bagi anda yang sangat mengutamakan kenyamanan bahan ini tentuna sangat cocok, hal tersebut karena bahan ini memiliki susut pola (shrinkage) yang lebih kecil dibandingkan bahan cotton. Selain itu yang paling utama dari bahan ini adalah mampu menyerap keringat lebih baik sehingga anda akan merasa nyaman saat mengenakannya.

Nah, itulah bahan-bahan kaos yang terbaik anda juga bisa mendapatkanya di sini

teespro.id.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *