19 Makanan Khas Magelang yang Cocok Bagi Wisatawan

Makanan Khas Magelang_ Kota Magelang adalah salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah dengan luas tanah tak mencapai 20 km persegi. Meskipun kecil namun menyimpan sejuta pesona indah dan makanan khas Magelang yang enak dan menggiurkan.

Kota yang dijuluki dengan kota santri atau kota getuk ini memiliki wisata-wisata yang menarik untuk pengunjung, seperti hamparan gunung-gunung dan candi Borobudur yang terkenal sampai mancanegara. Bukan hanya menyimpan sektor parawisatanya, tapi juga menyimpan segudang kuliner enak.

Macam-macam Makanan Khas Magelang

Berbagai makanan disajikan dengan sesansi yang berbeda denagan yang lain, meski makanannya sama tapi beda sesansinya jika dicoba langsung dari asalnya. Anda bisa mencicipinya dan juga bisa dibawa pulang sebagai buah tangan/oleh-oleh. Berikut macam makanan khas Magelang.

Kupat Tahu

makanan khas Magelang
srisetiyaningsih10.com

Di beberapa daerah Indonesia ada banyak jenis kupat tahu, tapi yang paling terkenal di kalangan masyarakat berasal dari Surakarta, Singaparna, dan Magelang. Perbedaan dengan ketupat Magelang terletak pada bumbu dan bahan pelengkap.

Jika kupat tahu yang berasal dari Singaparna terdapat tauge yang sudah direbus, sementara kupat tahu makanan khas Magelang menggunakan irisan kol, bakwan, mie, dan tahu putih. Jika di Jakarta sendiri kupat tahu itu mirip dengan ketoprak.

Untuk bumbunya, kupat tahu disajikan dengan saus sambal kacang yang bisa ditambah tingkat kepedasannya dengan memberikan beberapa sendok sambal. Cara penyajiannya tahu kupat pun tak jarang diperlengkap dengan kerupuk dan irisan timun.

Sup Serenek

makanan khas Magelang
ksmtour.com

Kehangatan kota Magelang akan terasa lebih nikmat bila ditemani oleh semangkuk sup serenek. Makanan khas Magelang ini konon mendapat pengaruh dari kolonial Belanda yang menjadikan hidangan unik dan favorit.

Secara tampilannya, sup serenek tak berbeda dengan sup pada umumnya dimana terdapat potongan daging ayam atau sapi, dan irisan wortel. Bedanya hanya terletak pada tambahan sayur bayam dan kacang merah. Sup serenek umumnya disajikan dengan nasi putih.

Buntil Daun Talas

makanan khas Magelang
deskgram.net

Makanan khas Magelang yang tradisional dan sangat terkenal di dataran Jawa adalah buntil daun talas ini. Umumnya buntil itu berbentuk gumpalan yang berisi campuran makanan dibungkus menggunakan daun pepaya, sedangkan di Magelang pembungkus isiannya dari daun talas.

Rasanya pun tak kalah enak dengan buntil daun pepaya. Nah, untuk pembuatan buntil daun talas biasanya dengan daun talas yang masih muda. Adapun isinya bisa berupa parutan kelapa, udang asin, dan biji petai. Cara menyajikannya bersama kuah santan berisikan cabe dan rempah lain sehingga menciptakan warna kemerahan.

Nasi Goreng Magelang

makanan khas Magelang
youtube.com

Nasi goreng memang banyak di berbagai daerah di Jawa. Masing-masing memiliki nama dan ciri khas tersendiri yang membuat semua orang ketagihan saat mencobanya. Makanan khas Magelang yang berupa nasi goreng ini disajikan bersama menu yang tak biasa.

Menu yang disajikan yakni mie basah dan balungan atau tulang ayam. Untuk cita rasa nasi goreng Magelang sangat gurih, karena dicampur dengan kuah kaldu ayam saat memasaknya. Selain itu cara memasaknya pun berbeda dengan yang pada umumnya menggunakan gas, nasi goreng ini dimasak masih memakai tungku arang.

Nasi Lesah

makanan khas Magelang
diahdidi.com

Makanan khas Magelang yang satu ini memang kurang familiar di penduduk Indonesia bahkan di Internet pun jarang sekali ditemukan. Di karenakan nasi lesah merupakan makanan tradisional di Magelang.

Kalau dilihat dari penampilannya makanan ini mirip dengan soto, akan tetapi penyajiannya menggunakan piring bukan mangkuk. Cita rasa dari nasi lesah hampir sama dengan cita rasa soto, dan kuah nasi lesah sendiri rasanya gurih berpadu kaldu ayam dan santan kelapa.

Adapun isian di dalam nasi lesah berupa sohun, irisan kubis, irisan wortel, seledri, suwiran ayam, dan kecambah. Saat ini makanan seperti ini sulit ditemui, karena kuah dari nasi lesah mengandung santan dan itu yang membuat masyarakat kurang meminatinya.

Sego Godog

makanan khas Magelang
youtube.com

Dalam bahasa Jawa , sego berarti nasi dan godog berarti rebus. Jadi makanan khas Magelang ini berbahan utama nasi yang direbus. Nasi godog termasuk dalam makanan khas yang banyak diburu orang. Karena bisa menjadi alternatif lain bagi yang bosan memakan nasi putih pada umumnya.

Selain berbahan nasi juga ada berbagai bahan lain yang tekandung nutrisi tinggi seperti kubis, tomat, ayam, dan telur. Tak heran jika sego godog termasuk makanan yang kaya gizi dan disukai banyak orang selain enak juga menyehatkan.

Sego Megono

makanan khas Magelang
resepku46.com

Biasanya di hari pertama Idul Fitri, masyarakat Magelang mempunyai tradisi menyajikan hidangan utama yang dimakan satu hari penuh berupa sego megono. Sego megono adalah makanan khas Magelang berupa nasi yang disantap bersama megono atau kluban.

Megono sendiri di tanah Magelang merupakan beberapa sayuran pilihan seperti daun ketela, daun pepaya, kecambah, daun kacang panjang, bayam, nangka muda (gori), dan rebung yang dikukus, kemudian dibumbui dengan lombok, kencur, dan jeruk purut.

Opor Enthog

makanan khas Magelang
cookpad.com

Opor enthog merupakan ikon kuliner kota Magelang yang merujuk pada makanan berkuah. Makanan ini berbahan dasar dari angsa atau bahasa Jawanya menthog, dan biasanya paling banyak di temukan di desa Menowo, Magelang.

Pengelolahan opor enthog pertama setelah penyembelihan yaitu dimasak dengan cara dibakar diatas tungku sampai bulunya rontok. Antara opor enthog dan ayam berbeda, opor ayam kuah dan kaldu disatukan sedang opor enthog memisahkan kuah dan enthognya.

Mangut Beong dan Lele

makanan khas Magelang
traveltodayindonesia.com

Mangut beong makanan khas Magelang ini juga terkenal di daerah lain di Jawa Tengah. Mangut sendiri merupakan masakan berbentuk gula dengan kuah kaldu encer dan bercita rasa pedas. Bahan pada umumnya yang dipakai masyarakat Magelang adalah ikan beong.

Ikan beong adalah ikan air tawar sejenis lele dengan ukuran lebih besar. Proses memasaknya dengan cara digoreng dahulu ikannya, setelah itu baru dicampurkan ke kuah yang super pedas hingga bumbunya meresap. Bagian beong yang kerap disajikan mangut adalah bagian kepalanya.

makanan khas Magelang
food.detik.com

Selain ikan beong kadang juga memakai ikan lele. Proses cara memasaknya dan bumbunya pun sama seperti memasak mangut beong tadi. Karena ikan lele lebih kecil maka yang disajikan seluruh ikan itu.

Bakmi Jombor

makanan khas Magelang
anishidayah.com

Makanan khas Magelang yang dari mie adalah bakmi jombor ini. Cita rasa dari bakmi yang enak membikin ketagihan dan daya magnet untuk setiap orang yang mencobanya. Makanan ini berwarna gelap dengan bakmi yang berwarna kekuningan sehingga menimbulkan kesan berbeda dengan bakmi Jawa.

Rasa yang dihasilkan dari bakmi jombor ini manis dan gurih. Anda bisa mendapatkan bakmi ini diutara perempatan Ringroad Jl. Magelang. Sedangkan tektur dari  bakmi ini lembut tidak terlalu lembek sehingga terasa pas saat menikmatinya.

Soto Kluwih

makanan khas Magelang
travelingyuk.com

Kuliner yang satu ini sangatlah unik sekali, karena berbahan dasar dari kluwih. Kluwih atau keluwih sendiri adalah buah dari pohon yang berdaun besar yang mirip dengan buah sukun dan nangka. Setiap dari pohon kluwih ini mempunyai sebuah nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dahulu kala daun kluwih bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi. Caranya adalah dengan membakarnya terlebih dahulu sampai menjadi arang setelah itu baru dioleskan pada gigi yang sakit. Di Magelang soto kluwih  memiliki kuah yang bening, dan uniknya bila anda menyukai rasa pedas anda bisa menambahkannya dengan sambal yang terbuat dari kluwih juga.

Bakso Krikil Imut

makanan khas Magelang
travelingyuk.com

Bakso kerikil khas Magelang ini sempat sekali populer di Jakarta. Selain karena uniknya makanan ini juga menawarkan sesansi yang tak biasa. Bakso kerikil memiliki ukuran kecil-kecil, dan biasanya dalam satu mangkuk bisa berisi segerombolan bakso kerikil.

Meski dari segi rasa dan tampilan antara bakso kerikil Jakarta dan Magelang sama, tapi yang membedakannya adalah dari harganya saja. Di Magelang memang lebih murah dari pada yang dipasarkan di Jakarta. Makanan ini cocok dimakan saat cuaca yang kurang bersahabat.

Getuk Trio

makanan khas Magelang
id.wikipedia.org

Getuk adalah makanan ringan yang dibuat dari bahan singkong dan banyak diproduksi di Magelang. Makanan khas Magelang ini yang paling terkenal adalah getuk merk Trio, dulu getuk Trio dibungkus menggunakan box yang terbuat dari bambu (besek) tapi kalau sekarang sudah menggunakan kardus yang berlebel getuk Toko Trio.

Makanan ini cocok sekali bila anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, karena mampu bertahan hingga dua hari dan tanpa bahan pengawet.

Wajik Salaman

makanan khas Magelang
idntimes.com

Wajik merupakan jajanan pasar yang terbuat dari beras ketan yang rasanya manis dan enak bila dimakan. Wajik yang terkenal di Magelang adalah wajik salaman. Dahulu wajik ini masih diolah menggunakan tangan oleh pemiliknya yaitu Ny. In.

Makanan khas Magelang ini bisa anda jadikan sebagai buah tangan, anda bisa mendapatkan di pusat penjualannya yang berada di Jln. Raya Salaman 110, Magelang.

Tape Ketan

makanan khas Magelang
kumparan.com

Jajanan pasar yang tradisional lainnya salah satunya adalah tape ketan ini. Tape ketan ini dibuat dari beras ketan putih yang kemudian diberi perwarna alami dari daun katu. Anda akan mendapati 2 jenis cara pengemasan tape ketan sebagai oleh-oleh.

Pertama, dibungkus dengan kemasan plastik yang diikat karet dengan isi setengah kg, yang kedua dimasukkan dalam kemasan toples dengan isi 1 kg. Jika anda mau membawa makanan ini sebagai oleh-oleh, anda cukup mudah mencarinya karena hampir banyak yang membuatnya dari masyarakat.

Jemunak

makanan khas Magelang
twitter.com

Jemunak juga merupakan salah satu makanan tradisional yang sekilas terlihat seperti bubur sumsum. Makanan khas Magelang ini terbuat dari bahan dasar ketela, beras ketan, gula merah, dan kelapa. kemudian ditambah kuah dari cairan gula atau kinca yang menghasilkan cita rasa manis.

Jajanan ini biasanya dijual satu kali dalam setahun, yaitu waktu bulan Ramadhan. Makanan ini dijadikan sebagai takjil bagi orang yang puasa, karena bisa mengembalikan stamina tubuh yang hilang. Jemunak disajikan dengan wadah dari daun pisang agar lebih praktis bagi yang berada di perjalanan.

Slondok

makanan khas Magelang
pesona-grabag.com

Slondok adalah makanan khas Magelang yang terdengar unik dan aneh dari namanya. Meski aneh makanan ini terbuat dari bahan dasar singkong yang sudah tidak aneh untuk diketahui. Bentuknya mirip kerupuk, selain itu slondok juga memiliki varian rasa seperti keju, balado, dan rasa lainnya.

Geblek

makanan khas Magelang
wisataku.id

Selain slondok, makanan yang tak kalah uniknya adalah geblek. Makanan unik ini terbuat dari tepung singkong. Kesan dari makanan ini aneh dalam namanya, namun geblek ini menjadi salah satu ikon kuliner Magelang yang bisa membuat orang ketagihan.

Meskipun teksyur makanan khas Magelang ini alot  tapi orang yang sudah mencobanya seakan-akan tidak mau berhenti atau ketagihan. Dahulu makanan ini menjadi jajanan wajib yang harus dibeli jika belanja kepasar, dengan berjalannya waktu makanan ini tergeser dan penjual geblek pun sulit di temui.

Grubi

makanan khas Magelang
gerielfarahfaizah.com

Grubi merupakan makanan khas Magelang yang terbuat dari bahan dasar ubi jalar. Cara membuatnya adalah dibentuk bulat atau seperti bola-bola yang kemudian di goreng dan di bumbui dengan gula jawa merah. Cita rasa yang dihasilkan adalah manis khas gula jawa dan tekturnya pun juga sangat renyah.

Nah, itulah informasi tentang makanan khas Magelang yang bisa anda cicipi ataupun bisa anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Sekian kami ucapkan banyak terima kasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *