9 Kuliner Makanan Khas Semarang Terpopuler di Kalangan Wisatawan

Makanan Khas Semarang_ Semarang merupakan sebuah kota besar yang kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Selain itu kota ini juga menjadi ibukota provinsi Jawa Tengah. Makanan khas Semarang paling banyak di gemari oleh para wisatawan.

Kota ini memiliki beberapa julukan diantaranya Vanetie van Java, Kota Atlas, The Port of Java, Semarang Pesona Asia, dan Kota Lumpia. Di kota ini mempunyai makanan khas tersendiri yang tak ada di daerah lain, sepeti lumpia yang merupakan akulturasi 2 budaya yakni Jawa dan China.

Ragam Kuliner Makanan Khas Semarang

makanan khas Semarang
iqbalkautsar.com

Nah di pembahasan kali ini saya hanya memaparkan kulinernya saja kalau tentang makanan anda bisa baca di Oleh-oleh khas Semarang. Kalau kuliner lebih pada memakannya di tempat dan tak bisa untuk di bawa sebagai buah tangan. Ragam kuliner khas Semarang berikut ini.

Nasi Ayam Semarang

makanan khas Semarang
travelingyuk.com

Nasi ayam adalah makanan khas Semarang yang berisi nasi liwet, telur rebus, dan suwiran ayam yang diberi kuah opor serta sambal goreng wijen. Kalau dilihat sekilas akan terlihat sperti nasi liwet Solo, namun nasi ayam ini biasanya di sajikan dengan tambahan sate telur puyuh, sate usus, dan teh hangat.

Untuk perbedaan keduanya antara nsi liwet dan nasi ayam adalah kalau nasi liwet menggunakan kuah areh, sedang nasi ayam menggunakan kuah opor kuning. Cara penyajiannya pun sangat sederhana sekali, yakni hanya menggunakan piring yang atasnya diberi sdaun pisang.

Nasi ayam ini ternyata ada asal usulnya lho kawan? Makanan khas Semarang ini asalnya adalah dari tangan penjual nasi ayam keliling yang bernama Satinem. Dia adalah orang yang pertama kali menciptakan nasi ini dan sering menjajakannya secara berkeliling pada tahun 1960-an.

Nama awal dari makanan khas Semarang dulunya bukan nasi ayam Semarang melainkan nasi ayam kampung Koja. Penamaan ini dikarenakan Kampung Koja merupakan saksi lahirnya makanan ini. Hingga tahun 1992 nasi buatan Satinem semakin dikenal karena telah membuka tempat dagang secara mandiri di Jln K.H.Ahmad Dahlan yang sampai saat ini masih berjualan.

Nasi Gandul

makanan khas Semarang
backpackerjakarta.com

Makanan khas Semarang yang dari nasi salah satunya adalah nasi gandul ini. Meski sejatinya kuliner nasi gandul ini berasal dari kota Pati., tetapi rasanya yang luas biasa itu telah membuat hidangan ini menyebar ke kota-kota lain termasuk Semarang.

Dari penampilannya nasi gandul ini mirip dengan nasi yang diberi kuah gulai sapi, meski rasanya tetap berbeda. Kuah gulai atau juga disebut kuah gandul ini disiramkan ke nasi panas kemudian di sajikan dengan lauk pilihan sperti babat, ati, paru, dan lidah. Bagaimana rasanya bisa anda rasakan sendiri ke rumah makan nasi gandul Pak Memed Semarang.

Garang Asem

makanan khas Semarang
resepkoki.id

Kuliner tradisional bernama garang asem merupakan makanan khas Semarang yang enak. Olahan makanan ini berisi ayam dan kuah santan yang berbumbu belimbing wuluh dan cabai. Uniknya ayam dan kuah santan dimasak dengan dimasukkan dulu kedalam daun pisang lalu ditutup atasnya dengan lidi.

Nah untuk menambah kenikmatan saat menyantapnya biasanya diberi tambahan nasi hangat, tempe goreng, jeroan ayam yang ditusuk seperti sate, dan perkedel. Ayam yang dipakai untuk membuat garang asem adalah ayam kampung karena teksturnya lebih lembut dan empuik dibanding ayam lain.

Kalau dahulu ayam kampung hanya bisa dinikmati oleh orang berada saja karena harganya cukup mahal berkat rasanya. Walaupun begitu masakan khas Semarang ini sampai saat inimasih saja mahal. Ini dikarenakan pembuatannya yang relatif sulit, bahkan orang bisa gagal dalam membuatnya dan malah hasilnya menjadi opor bukan garang asem.

Soto Bangkong

makanan khas Semarang
oknusantara.com

Olahan soto terdapat di rumah makan Jln Brigjen Katamso Semarang. Nama bangkong dari soto ini diambil dari tempat berdirinya soto ini sejak tahun 1950 di perempatan Bangkong. Pembuatnya pada waktu itu H.Soleh Soekarno, bahkan sebelumnya dia menjualnya dengan cara keliling dan lambat laun dia mendirikan kedai di samping pos polisi di Jln Brigjen Katamso.

Dan sampai saat ini kedai tersebut terus berkembang menjadi besar, bahkan sekarang telah membuka cabangnya hampir di seluruh Pulau Jawa yang dikelola oleh anak-anaknya. Ciri dari soto bangkong khas Semarang ini adalah kuahnya yang bening meski warnanya agak coklat.

Sotonya disajikan menggunakan mangkuk kecil namun agak tinggi, dan diberi isian berupa suwiran ayam, irisan tomat, tauge, bihun, serta taburan bwang merah dan putih diatasnya. Kuah dari soto ini bisa di gabung denagn nasi maupun dipisah , terserah menurut selera sendiri. Untuk menambah rasa anda bisa menggunakan lauk yang tersedia.

Tahu Gimbal

makanan khas Semarang
klikhotel.com

Olahan makanan khas Semarang ini terdiri dari tahu dan gimbal. Gimbal sendiri adalah olahan udang yang diberi tepung, atau mrip dengan bakwan udang. Namun isinya lebih dari itu, terdapat pula potongan lontong dan kol yang disiram bumbu kacang dan petis dalam satu porsi.

Makanan ini kalau disamakan itu sperti ketoprak khas Jakarta. Namun bedanya kalau tahu gimbal itu bumbu kacang disiramkan ke makanannya. Selain itu adanya gimbal dan petis membuat agak berbeda. Rasanya yang gurih dengan bumbu kacang ini yang menjadi daya tarik para konsumen.

Tahu Pong

makanan khas Semarang
goodindonesianfood.com

Olahan tahu lain yang masih termasuk makanan khas Semarang adalah tahu pong. Tahu pong ini adalah tahu yang dalamnya tidak ada isinya atau kopong. Biasanya makanan ini dimakan bersama dengan gimbal udang dan sambal rawit pedas. Selain itu masih ada perlengkapan lain seperti irisan acar lobak dan tahu pong emplek yang digoreng dengan telur.

Pembuatanya makanan ini menggunakan tahu khusus, kemudian digoreng dengan minyak panas sampai garing sampai mengahasilkan tahu tanpa isi. Sebelum disajikan tahunya dipotong dahulu agar mempermudahkan makan dengan sambal rawit bercampur petis. Rasa yang dihasilkan adalah pedas manis, plus gurih dan empuk dari tahunya.

Mie Kopyok

makanan khas Semarang
wardhanahendra..com

Mie kopyok merupakan mie yang ditambah dengan tetelan daging dan lauk berupa tahu serta kerupuk gendar. Gendar sendiri adalah kerupuk yang terbuat dari adonan nasi dengan rasa renyah nan gurih. Cara pembuatannya hanya dengan mencelupkan mie basah dan kecambah ke air mendidih.

Kemudian setelah itu di taruh di piring yang sudah ada irisan lontong dan tahu pong. Lalu diberi kuah dari bumbu putih yang diuleg dan diberi tambahan irisan bawang goreng dan kecap diatasnya.

Nama mie kopyok bukanlah nama satu-satunya, melainkan ada nama lain sperti mie lontong dan mie teng teng. Disebut mie lontong karena mie kopyok ditambah dengan irisan lontong, sedang mie teng teng diambil dari nam terakhir. Karena dulu makanan ini dijual dengan cara membunyikan piring dan menghasilkan suara “teng teng”.

Nasi  Goreng Babat Gongso

makanan khas Semarang
wisataku.id

Makanan ini hanya berupa nasi goreng yang disekitarnya ditambah dengan babat alias kulit sapi bagian lambung yang dipotong 3×4 cm. Kebanyakan penjual ada yang mengeroknya ada juga yang tidak mengerok babatnya. Bumbu dari nasi ini bawang merah dan putih, cabai merah, dan ditambah terasi, serta kecap.

Selain nasi goreng babat gongso ada juga babat gongso saja tanpa nasi goreng. Babat yang telah dimasak akan dicampur dengan sambal dan kecap agar bisa lansung disantap. Beberapa kedai yang menjualnya seperti Pak Karmin di Jln Pemuda tepatnya di samping Jembatan Mberok.

Gudangan

makanan khas Semarang
id.wikipedia.org

Kuliner gudangan adalah urapan sayur rebus dengan bumbu sambal gudangan. Sambal gudangan terbuat dari parutan kelapa, bawang merah, cabai merah, dan jeruk purut. Isi dari makanan khas Semarang ini sayurnya bermacam-macam, tergantung selera pembuatnya.

Antara lain sayurannya adalah sayur bayam, wortel, daun singkong, kubis, kecambah, dan kacang panjang. Semua ayuran itu dipotong kecil-kecil dahulu baru direbus sampai lunak agar mudah dimakan. Setelah semua ada anda tinggal mengurap sayur dan sambalnya dipiring. Penyajianya bisa menggunakan nasi hangat dan lauk pauk contohnya telur rebus.

Itulah makanan khas Semarang dari kulinernya yang tradisional dan terkini. Semoga bisa menjadi manfaat bagi kalian saya ucapkan terima kasih banyak.

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *