17 Oleh-oleh Khas Semarang Terbaru dan Terlengkap

Oleh-oleh khas Semarang_ Semarang adalah kota terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Kota Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia juga termasuk kota yang paling cepat berkembang di Pulau Jawa. Tidak lain juga oleh-oleh khas Semarang pun juga menggoda untuk para wistawan disana.

Beberapa tahun terakhir ini, Semarang bersolek dengan munculnya beberapa gedung pencakar langit. Di kota Semarang juga banyak dipadati oleh para pelancong atau wisatawan, baik dalam negeri atau luar negeri. Pastinya mereka yang melancong mencari oleh-oleh khas Semarang untuk dibawa pulang.

oleh-oleh khas Semarang
www.brobali.com

Bicara mengenai wisatawan tentu diimbangi dengan tempat wisata. Di Semarang banyak tempat menarik untuk di kunjungi. Setidaknya ada lebih dari 30 tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat berlibur. Salah satu yang sangat populer adalah Masjid Agung Jawa Tengah atau MAJT.

Tempat wisata itu dibangun tepat pada hari Jum’at 6 Desember 2002 dan hingga kini telah banyak dikunjungi oleh pemeluk agama islam. Namun ada juga yang bersejarah, yaitu wisata lawang sewu yang sangat mendunia. Sisi paling seru untuk diulik dari lawang sewu ini adalah bagian mistisnya. Sebab dulunya lawang sewu difungsikan sebagai penjara.

oleh-oleh khas Semarang
theculturetrip.com

Nah, untuk bisa memperoleh oleh-oleh khas Semarang anda bisa mengunjungi banyak toko yang akan memberikan anda banyak pilihan. Bagi anda yang bingung mencari oleh-oleh kami akan membagikan informasinya.

Lumpia

oleh-oleh khas Semarang
www.tokopedia.com

Oleh-oleh khas Semarang yang pertama adalah lumpia. Meski kita sering menjumpai pedagang lumpia dimana-mana. Tapi saat menikmati lumpia langsung dari kota asalnya akan menimbulkan sesansi tersendiri bahkan rasanya. Lumpia Semarang berbeda dengan lumpia di kota lain, setiap gigitanya akan membuat anda ketagihan untuk makan lagi.

Lumpia ini merupakan makanan peranakan Asia yang sudah lama berkembang di Semarang. Lumpia terbuat dari bambu muda (rebung), udang segar, atau daging ayam yang dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung, bentuknya menyerupai Roulade.

Selain bisa dinikmati di kota asalnya, lumpia Semarang juga bisa dibawa pulang untuk dinikmati bersama keluarga di rumah, loh. Harga satu buah lumpia sangat bervariasi, mulai dari Rp2.000 hingga Rp12.000. Tergantung lokasi dan penjual serta isi lumpia tersebut.

Namun bagi anda yang beragama Islam ada baiknya mencari lumpia yang memiliki sertifikat halal dari MUI. Menginggat di Semarang tidak hanya di tempati oleh muslim saja. Tetapi jika Anda ingin mencicipi kuliner ini yang masih menggunakan resep asli, pergilah ke Gang Lombok di kawasan Pecinan.

Tahu bakso

oleh-oleh khas Semarang
www.pustakakulinerku.com

Bagi pecinta olahan tahu, Semarang adalah salah satu tempat yang tepat untuk memuaskan hasrat kulinermu. Salah satu jenis olahan tahu yang paling terkenal untuk dijadikan oleh-oleh adalah tahu bakso, selain itu juga menjadi kudapan favorite warga Semarang.

Tahu bakso bisa anda temukan di semua sudut Kota Semarang. Namun yang paling terkenal dan selalu laris manis adalah tahu baxo Ibu Pudji yang ad di jalan Jend Sudirman No 156 Langengsari, Ungaran. Warung ini seakan tidak pernah sepi karena banyak yang membeli tahu baksonya sebagai buah tangan.

Oleh-oleh ini mulai dikenal sejak tahun 2000-an lalu  perlahan-lahan naik daun dan sekarang banyak wistawan yang mencarinya. Tahu bakso ini rasanya gurih dan nikmat bila disajikan hangat lalu disantap dengan cabe rawit.

Ada 2 jenis tahu bakso yang bisa anda pilih yaitu tahu bakso goreng dan tahu bakso rebus. Tahu bakso goreng biasanya bertahan selama dua hari setelah pembelian, kalau tahu bakso rebus bertahan selama 24 jam sedangkan bila diletakkan di freezer makanan ini bisa hingga tiga hari.

Harganya sangat tejangkau, untuk tahu bakso rebus sekotaknya diberi harga Rp35.000 sedangkan untuk yang tahu bakso goreng hanya Rp37.000 saja.

Tahu Petis

oleh-oleh khas Semarang
katalogkuliner.com

Olahan tahu khas Semarang lainnya adalah tahu petis. Tahu petis adalah tahu kuning yang diisi petis. Sambal petis inilah yang menjadikan kudapan ini memiliki rasa lezat karena berasal dari udang yang ditumbuk halus dengan berbagai campuran bahan-bahan alami.

Untuk membawa pulang tahu petis, anda bisa membelinya di gerobak-gerobak penjual gorengan yang biasanya buka sore menjelang malam hari, terutama di kawasan Jalan Mataram atau sekitar Simpang Lima. Supaya tahan lama, anda bisa meminta penjual untuk memisahkan sambal petis dan tahunya.

Tahu Pong

oleh-oleh khas Semarang
www.pinterest.se

Selain tahu bakso  dan tahu petis, olahan tahu lainnya yang khas Semarang yang bisa anda jadikan oleh-oleh adalah tahu pong. Kuliner ini sudah dikenal sejak 1930-an bisa dibilang merupakan salah satu makanan hasil akulturasi budaya peranakan.

Konon, nama tahu “pong” sendiri diambil dari bentuk tahu yang kopong (tidak memiliki isi). Biasanya, seporsi tahu pong disajikan dengan telor dan gimbal (rempeyek udang berukuran besar) lalu semuanya dipotong kecil dan disiram dengan kuah sambal petis.

Sama halnya dengan tahu petis, anda juga bisa membungkus tahu pong ini sebagai oleh-oleh atau dinikmati sendiri di kota asal dengan membungkus tahu dan kuah secara terpisah. Tempat terbaik untuk menjajal tahu pong adalah di Jalan Gajah Mada.

Bandeng Presto

oleh-oleh khas Semarang
jalanterus.id

Bandeng presto salah satu dari sekian banyak  oleh-oleh khas Semarang yang enak dan paling banyak diburu wisatawan. Sesuai dengan namanya makanan ini berbahan dasar ikan bandeng (Chanos chanos) yang dipresto atau diuapkan dengan tekanan tinggi.

Cara pengolahanya adalah dengan meletakkan ikan bandeng dipanci yang dapat dikunci dengan rapat. Panci tersebut terlebih dahulu sudah diberi air yang kemudian dipanaskan hingga mendidih. Uap yang dihasilkan itulah yang akan memasak ikan bandeng di atsanya.

Sebelum dilakukan proses presto, ikan bandeng dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang terlebih dahulu. Bumbu yang biasanya digunakan untuk melumuri ikan bandeng adalah bawang putih, kunyit dan garam.

Setelah dipresto otomatis duri-duri yang ada di ikan bandeng menjadi lunak dan dapat dimakan.  Merk bandeng presto yang terkenal di Semarang adalah Bandeng Juwana. Lokasinya berada di Jlan Pandaran 57 dan Jalan Pamularsih 70. Disana ada banyak olahan ikan bandeng dari bandeng duri lunak, bandeng asap, dan otak-otak bandeng.

Bandeng presto di Semarang dikemas sesuai ukurannya. Harga per kemasan berada di angka Rp64.000/kg untuk bandeng kecil berisi 5-6 ekor, haga Rp67.500/kg untuk bandeng sedang 4 ekor. Sedangkan, bandeng besar berisi 3 ekor dijual seharga Rp71.000/kg.

Wingko Babat

oleh-oleh khas Semarang
goodindonesianfood.com

Wingko babat merupakan salah satu  makanan khas Semarang yang paling populer dan murah ternyata berasal dari Lamongan, tepatnya di kecamatan Babat. Namun saat ini kudapan gurih ini telah banyak dijual dan bahkan dikenal sebagai oleh-oleh khas Semarang.

Hal itu karana berkat jasa dari Nyonya Mulyono yang mengenalkan kue khas daerah asalnya dan menjualnya di Semarang. Awalnya Nyonya menjual wingko di sekitar Stasiun Tawang. Karena itulah ide pemberian nama wingko babat cap kereta api.

Saat ini toko wingko babat Nyonya Mulyono buka di Jalan Cendrawasih No 14, Semarang. Cemilan ini bentuknya bulat dengan warna putih di tengah dan kuning kecoklatan di permukaannya. Wingko babat memiliki rasa gurih dan legit yang sangat khas.

Hal tersebut karena kue ini terbuat dari kelapa muda pilihan dan gula putih secukupnya. Wingko yang biasa dijual di toko oleh-oleh memiliki cukup banyak varian rasa. Diantaranya adalah nangka, aren, durian, choco chip, pisang, maupun original.

Wingko babat dijual perdus atau besek yang berisi sekitar 20 winko. Harganya mulai RP46.000 untuk rasa kelapa, sampai Rp62.000 untuk rasa durian. Bila anda ingin lebih hemat dan bisa merasakan aneka rasa wingko babat, beli saja 1 dus isi campur 20 wingko yang harganya Rp54.000.

Roti Ganjel Rel

oleh-oleh khas Semarang
www.tokopedia.com

Mendengar namanya mungkin anda merasa aneh dan bingung dengan roti ini. Penasaran kan?

Tapi tenang saja, meskipun roti khas Semarang ini namanya aneh namun memiliki rasa khas yang istemewa. Roti dengan rasa mainis ini di namai ganjel rel karena teksturnya yang bantat serta padat ditambah bentuknya mirip dengan bantalan rel.

Nama asli roti peninggalan belanda ini sebenarnya adalah roti gambang. Karena bentuknya yang mirip alat musik gambang, namun nama itu kalah populer. Oleh-oleh khas Semarang ini terbuat deri tepung tapioka, santan, air nira, gula dan kayu manis sebagai penambah aroma sedap. Sebagai pemanis tampilan, roti ditaburi wijen.

Sayangnya roti ganjel rel ini agak sulit ditemui, hanya pasar johar dan beberapa toko oleh-oleh yang menjualnya. Hal tersebut dikarenakan saat ini banyak yang tidak terlalu menyukai roti berbentuk kotak dengan taburan wijen diatasnya.

Selain itu menurut sebagian orang, roti ganjel rel terlalu alot dan keras, padahal menurut ahli kesehatan tekstur semacam itu baik untuk pencernaan.

Roti ganjel rel ini merupakan sajian wajib dalam acara “dugderan” atau pawai sebelum bulan puasa. Kue yang dibagikan menurut kepercayaan mereka dapat membuat ibadah puasa tidak mendapat ganjalan. Harga roti ganjel rel ini sekitar Rp20.000,- per kotak.

Mochi/Moaci Gemini

oleh-oleh khas Semarang
hesmacuisine.blogspot.com

Jika di Jawa barat, bukan hanya Bandung dan Sumedang yang memiliki oleh-oleh makanan seperti mochi untuk buah tangan keluarga. Mochi juga tersedia disini sebagai makanan khas Semarang yang populer.

Bedanya, jika mochi Jawa Barat pada umumnya berwarna puti, sedang yang di Semarang mochi ini terbuat dari tepung ketan yang didalamnya berisi kacang cingcang dan gula lalu dibaluti wijen diatasnya. Jika dilihat dari bentuknya makanan ini mirip dengan onde-onde.

Varian rasa yang ditawarkan mochi wijen ada dua jenis, yaitu rasa original dan durian. Mochi ini dibuat tanpa bahan pengawet dan bisa bertahan sampai satu minggu. Biasanya mochi dibungkus dalam kotak berbagai ukuran, mulai dari isi 10 hingga 25 buah.

Adapun merk mochi yang paling di cari wisatawan adalah mochi wijen gemini. Anda tak perlu bingung untuk mencarinya karena mudah ditemukan di toko oleh-oleh yang ada di sepanjang Jalan Pandanaran. Kalau tentang harga per dusnya itu sekitar Rp45.000 berisi 25 biji.

Torakur

oleh-oleh khas Semarang
mamikos.com

Saat ini di Semarang tengah hits dengan produk makanan khas terbaru yang memiliki cita rasa unik dan mulai banyak diburu. Kudapan yang memiliki rasa manis ini diberi nama torakur, atau tomat rasa kurma.

Jajanan ini dicetuskan oleh ibu Sri Ngestiwati yang beralamat di Dusun Ampel Gading, Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Sekitar 3-4 kwintal tomat yang diolah di industri rumahan ini setiap bulannya dan meningkat pesat hingga 30% di bulan Romadhan.

Sebenarnya torakur merupakan manisan dari buah tomat, namun karena rasanya mirip kurma membuat banyak masyarakat yang penasaran ingin mencicipinya. Juga oleh-oleh khas Semarang yang satu ini tahan lama, jadi sangat cocok jika dimasukkan kedaftar oleh-oleh anda.

Dalam satu kemasan torakur dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu berkisar Rp12.000 saja. Bahkan karena keunikannya, kudapan ini banyak dipesan hingga ke luar Kota Semarang.

Roti Brilian

oleh-oleh khas Semarang
ksmtour.com

Roti Brilian atau Brilian super cake menjadi oleh-oleh khas Semarang berikutnya yang banyak diburu wisatawan. Kue khas Semarang ini dapat anda temukan di istana Brilian yang terletak di Jalan Simpang Lima, Semarang. Roti ini dibuat dari bahan pilihan terbaik dan menggunakan resep kuno ynag masih terjaga keasliannya.

Menurut beberapa info, roti brilian ini termasuk oleh-oleh khas Semarang yang tahan lama tanpa bahan pengawet. Gak tanggung-tanggung, roti ini bisa bertahan hingga 60 hari lho, bayangkan. Rahasianya adalah karena roti ini divakum.

Ada beberapa rasa roti brilian ini antara lain adalah coklat, keju, kismis, almond, dan cappuccino. Semuanya itu dilapisi dengan coklat.

Tak perlu pikir panjang jika anda ingin membeli roti ini sebagai oleh-oleh ke rumah. Roti ini sudah diproses dengan baik pada pengemasannya sehingga tak berubah rasa meskipun anda bawa pulang ke rumah. Untuk harga roti brilian ini berkisar Rp100.000-an. Jam buka toko roti brilian sendiri mulai pukul 07:30 hingga pukul 21:00.

Kue Sarang Madu

oleh-oleh khas Semarang
bukalapak.com

Masih oleh-oleh khas Semarang berupa cemilan, kali ini kami perkenalkan kepada anda kue sarang madu. Kue ini memiliki bentuk seperti sarang burung, juga memiliki rasa manis karena disiram gula merah di atasnya.

Bahan pembuatanya sangatlah sederhana, yaitu tepung beras, santan, dan gula merah. Jika anda membawanya dalam perjalanan, sebaiknya diletakkan di tempat yang aman, karena kudapan yang renyah ini sangat mudah hancur.

Kue sarang madu ini merupakan kue kuno asal Welahan yang dapat dijumpai di toko oleh-oleh di daerah Kudus, Jepara, dan Semarang. Selain itu kue dengan rasa manis yang enak ini cukup tahan lama dan tetap bisa dikonsumsi selama dua bulan setelah pembuatan.

Harganya pun terhitung murah dan sangat terjangkau. Untuk 1 dus kue sarang madu dijual seharga Rp32.500 saja.

Lontong Spekkoek Waiki

oleh-oleh khas Semarang
fandysasongko.com

Belum lengkap liburan anda di Semarang tanpa mencicipi makanan khas yang enak di Semarang yang satu ini. Namanya Lontong Spekkoek Waiki. Lontong spekkoek atau lontong spiku ini adalah kue lapis legit atau spekkoek yang dibentuk menyerupai lontong. Rasanya enak dan teksturnya lembut.

Tempat membeli lontong spekkoek waiki berada di Jln. Senjoyo 2 No1, Semarang. Teksturnya yang lembut serta manis yang menggoda membuat banyak orang rela mengeluarkan uang Rp18.000 per satu biji lontong spekkoek waiki. Cukup murah kan?

Brownies Opium

oleh-oleh khas Semarang
asliindonesia.net

Oleh-oleh khas Semarang yang patut anda bawa sebelum pulang adalah browniers opium. Namanya memang aneh, bahkan hampir mirip dengan narkoba begitu, tapi jangan berpikiran buruk dahulu. Brownies opium bukanlah brownies rasa ganja, tapi Opium Premium Brownies & Chocolate merupakan toko kue ini di Semarang.

Sesuai namanya, kuenya memang bikin nagih kecanduan karena rasanya yang lezat dan nyoklat bangeeet. Opium ini sudah ada beberapa gerai di Semarang, salah satunya ada di Jalan Jati Raya No, F-12 C, Banyumanik. Harganya bervariasi sesuai dengan rasanya, berkisar Rp25.000 sampai Rp40.000- an.

Tumpi

oleh-oleh khas Semarang
mamikos.com

Untuk anda para traveller yang hendak mencari oleh-oleh khas Semarang yang awet juga kering renyah, maka saya rekomendasikan tumpi. Tumpi ini makanan sejenis peyek dengan sebuah topping kacang hijau yang lezat, gurih, dan renyah.

Anda bisa mendapatkan makanan ini di daerah Karangbolo, Desa Lerep, Ungaran Barat, Kab Semarang. Di Karangbolo merupakan tempatnya industri keripik, dan yang sangat populer adalah tumpi. Makanan ini dijual dengan harga Rp11.000 per bungkusnya dan memiliki ketahanan yang cukup lama tanpa bahan pengawet.

Kopi Banaran dan Gunung Kelir

oleh-oleh khas Semarang
dewirieka.com

Selain makanan oleh-oleh khas Semarang juga ada yang minuman. Salah satu minuman yang terkenal di Semarang adalah Kopi Banaran dan Gunung Kelir. Kopi Banaran adalah kopi hasil darri produk PT. Perkebunan Nusantara IX wilayah Jawa Tengah.

Perkebunan tersebut berada di Jln. Ungaran-Solo KM 35, Bawean. Namun jika anda ingin membelinya bisa langsung menuju ke CJ Mart, Gedung UMKM Center, Jalan Banyumanik Semarang dengan harga yang cukup terjangkau.

Kaos Khas Semarang

oleh-oleh khas Semarang
koncone-ikikuwi-semarang.blogspot.com

Ingin oleh-oleh khas Semarang yang lebih awet? beli saja kaos khas Semarang dengan brand label Costa Brava van Java.

Meskipun namanya terdengar asing, namun kaos ini asli buatan anak Semarang. Costa Brave merupakan sebuah kota pantai cantik yang berada di Negara Eropa. Dengan tujuan mengenang kota cantiknya, penjajah di Semarang pun menjuluki kota ini dengan nama tersebut.

Selain itu kaos khas Semarang juga memiliki desain yang menarik untuk anak muda. Beberapa desain yang menarik perhatian adalah Simpang Lima dan Lawang Sewu. Anda bisa membeli kaos khas Semarang di Jln. Tlogosari III No. 32A, Tembalang, Semarang atau beli secara online dengan harga Rp 95 – 100 ribu per kaosnya.

Batik Semarang

oleh-oleh khas Semarang
travel.kompas.com

Kota batik memang berada di Pekalongan, dan motif batik yang cukup terkenal berasal dari Jogja dan Solo. Namun bukan berarti Semarang tidak memiliki batik. Batik Semarang merupakan salah satu kerajinan khas Semarang yang memiliki beragam motif yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Motif-motif yang dijadikan andalan dalam pembuatan batik semarang antara lain tugu muda, lawang sewu, dan wewe gombel. Anda bisa mendapatkan batik Semarang ini di Kampung Batik Semarang yang beralamatkan di Jln Batik. Di situ, Anda tidak cuma membeli batik saja, melainkan juga bisa melihat proses pembuatan dan ikut belajar membatik. Asyik bukan ?

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan kepada anda mengenai oleh-oleh khas Semarang, semoga bermanfaat dan kami ucapkan terima kasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *