18 Oleh-Oleh Khas Solo yang Terkece dan Termurah Pastinya.

Oleh-oleh khas solo_ Indonesia memiliki budaya beserta kultur yang mempengaruhi cita rasa setiap makanan khas tradisional daerah masing-masing. Berbagai makanan khas tersebut selalu hadir di segala suasana terutama untuk meramaikan hari-hari besar di Indonesia, makanan tersebut bisa jadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah salah satunya adalah oleh-oleh khas Solo.

Terutama di kota Surakarta yang merupakan  tempat unik dengan sejuta kekhasan warisan budaya dan keramahtamahan. Kota ini lebih akrab dengan sebutan Kota Solo memiliki julukan The Spirit of Java. Slogan ini memiliki makna bahwa Solo merupakan jiwanya Pulau Jawa.

oleh-oleh khas Solo
http://surakarta.go.id

Kebanyakan mereka menyebut kota ini sebagai representatif dari Jawa, seni, budaya dan masyarakatnya. Apabila anda berkunjung ke kota ini, anda akan menemukan keramahan dan kehalusan orang Solo dalam berkomunikasi dengan orang asing.

Juga dalam segi geografis Solo memang terletak di tengah Pulau Jawa, menjadi titik penghubung antar jalur Jawa utara dan selatan. Selain itu, Solo dikenal sebagai kota yang menarik untuk di kunjungi karena semarak dengan pusat pembelajaan, beragam sajian kuliner dan festival lokalnya.

Macam Oleh-oleh Khas Solo

Setelah anda puas menikmati keindahan pesona juga ragam budaya dan wisatanya. Anda tentu tak mau melewatkan juga satu tujuan utama lainnya yaitu membeli oleh-oleh khas Solo. Sangat beragam oleh-oleh kota Solo ini, mulai dari macam kuliner sampai barang-barang kerajinan khas Solo.

Penasaran ya? Silahkan simak berikut ini.

Surabi Solo

oleh-oleh khas Solo
tempatwisatakeluarga.com

Surabi atau srabi merupakan  oleh-oleh khas Solo yang di buat dengan cara tradisional. Surabi terbuat dari bahan tepung beras yang dicampur dengan santan dan diolah dengan cara di masak di atas tungku api yang berasal dari kayu bakar atau arang dengan menggunakan semacam cobek dari tanah liat.

Sistem memasak menggunakan cebok itu merupakan cara masak tradisional yang sudah berlangsung sejak dulu. Tapi seiring berkembangnya teknologi, kini alat memasak srabi telah digantikan dengan menggunakan api berbahan bakar gas serta menggunakan cetakan dengan bahan logam yang lebih praktis juga menghemat energi.

Rasa surabi pun bukan hanya gurih saja, kini juga ada berbagai macam pilihan rasa lain seperti cokelat yang di taburi meses, pisang keju dan nangka. Bentuk surabi tidak hanya bulat, namun dapat berbentuk bintang, love, dan bunga sesuai cetakannya.

Anda dapat membelinya dengan harga yang sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 1.800 untuk kue surabi yang original. Tapi jika anda ingin dengan rasa lain maka harga yang ditawarkan adalah Rp 2.000 .

Rambak Petis Khas Solo

oleh-oleh khas Solo
www.shopback.co.id

Anda mungkin penasaran dengan oleh-oleh khas Solo yang satu ini. Nama makanan khas Solo ini memang asing, tapi rambak ini sebenarnya cuma semacam krupuk yang terbuat dari kulit sapi yang sebelumnya telah dikeringkan.

Namun, hingga saat ini kebanyakan rambak dibuat dari bahan kulit sapi mengingat bahan baku berupa kulit kerbau lebih jarang ditemui. Rambak petis khas Solo ini memiliki ciri khas dengan cita rasa yang gurih dan renyah saat dimakan.

Sesuai dengan namanya, kerupuk rambak khas Solo ini akan semakin nikmat ketika dimakan bersama sambal petis yang terbuat dari bahan udang dengan rasa pedas. Bagi penggemar makanan pedas dapat membeli kerupuk rambak ini satu paket bersama dengan sambal petisnya.

Sedangkan untuk mereka tidak suka makanan pedas tetap dapat menikmati kerupuk rambak  yang lezat dengan rasa original tanpa menggunakan sambal petis yang pedas. Untuk harga rambak khas Solo ini adalah Rp128.000 per kg tanpa sambal petis, jika pakai sambal petis sekitar Rp132.000 per kgnya.

Bagi anda yang ingin membeli sekedar untuk oleh-oleh harganya cuma Rp6.400 dengan berat 50 gram. Itu belum sama sambal petisnya, jika dengan sambal anda hanya tambah Rp1000 saja.

Ampyang

oleh-oleh khas Solo
www.tokopedia.com

Ampyang merupakan oleh-oleh khas Solo yang terbuat dari gula jawa, kacang tanah dan air jahe. Makanan ringan yang biasanya berbentuk bulat ini sebenarnya lebih mirip permen karena memiliki manis gula jawa.

Pembuatanya pun tak begitu sulit, kacang tanah dicampurkan langsung dengan gula merah yang sudah di campur dengan air jahe. Ketiga bahan itu tadi diaduk hingga mengental lalu adonan tersebut dibuat menjadi sebuah lempengan yang berbentuk bulat agak lonjong.

Kemudian biarkan sampai kering mengeras dan siap di sajikan. Perpanduan antar gula jawa, air jahe dan kacang tanah ini membuat ampyang menjadi makanan yang unik, seperti halnya coklat dengan panduan kacang mete.

Salah satu kelebihanya dari ampyang ini jika anda jadikan buah tangan sangatlah cocok. Selain ukurannya yang kecil juga harga yang sangat terjangkau dan tahan lama. Meski tidak menggunakan bahan-bahan pengawet, ampyang menjadi tahan lama karena berbahan gula jawa yang merupakan pengawet makanan alami.

Selain rasa pedas jahe ampyang juga ada yang rasa manis dan gurih. Harganya pun juga beragam, mulai dari Rp4.000 hingga Rp50.000. Jika anda menginginkan oleh-oleh kuliner yang unik ampyang bisa menjadi pilihan yang tepat.

Abon Mesran Solo

www.google.co.id

Oleh-oleh khas Solo satu ini sudah tak asing lagi oleh anda, tapi abon mesran Solo ini mempunyai cita rasa khas tersendiri. Abon ini terbuat dari bahan daging ayam dan daging sapi, rasanya pun manis bercampur pedas jadi satu.

Selain itu juga terdapat pilihan abon mesran yang terbuat sepenuhnya dari daging ayam, daging sapi ataupun campuran keduanya. Bedanya abon ayam itu memiliki tekstur serat yang lebih halus, sedangkan abon sapi memiliki tekstur serat yang lebih kasar dan juga lebih kenyal.

Abon mesran ini kerap menjadi pilihan para wisatawan sebagai buah tangan, selain tahan lama juga termasuk dalam kategori kuliner legendaris Solo. Makanan ini biasanya digunakan sebagai pendamping lauk hidangan ketika makan siang, juga sangat pas jika disajikan dengan nasi hangat.

Untuk masalah harga anda tidak perlu khawatir, karena harga abon ini masih cukup ekonomis dan ramah di kantong. Sebungkusnya rata-rata dijual dengan harga Rp40.000-Rp70.000, itu semua tergantung dengan ukuran yang anda pilih. Uniknya abon mesran ini dikemas dengan cara tradisional dan tidak berubah selama bertahun-tahun.

Intip

oleh-oleh khas Solo
http://solo.tribunnews.com

Intip adalah oleh-oleh khas Solo yang terbuat dari kerak nasi yang terdapat di bawah panci Setelah diambil dari panci kerak itu lalu dijemur sampai kering baru digoreng menggunakan minyak panas. Jaman dahulu intip tidak dibumbui hanya ditaburi garam setelah digoreng.

Seiring berjalannya waktu dan perkembanggan jaman, intip dibuat secara khusus dengan alat cetakan juga tersedia bermacam rasa. Karena sebelum penggorengan sudah dibumbui dulu. Setelah digoreng intip masih diberi saus karamel berbahan dari gula jawa.

Semua itu bertujuan untuk lebih menarik para pembeli. Intip ini mudah untuk anda temui, hampir semua toko oleh-oleh khas Solo menjualnya. Harganya pun bermacam-macam, mulai dari Rp5.000 sampai Rp15.000 an per intip.

Regginan

oleh oleh khas Solo
JALANTERUS.id

Cemilan khas satu ini emiliki tekstur yang renyah dan gurih mirip dengan intip. Cuman bedanya rengginan terbuat dari ketan yang ditanak setengah matang. Selanjutnya dijemur di bawah sinar matahari sampai kering.

Rengginan asli Solo bisa anda dapatkan di pusat oleh-oleh khas Solo dan sekitarnya. Untuk lebih simpelnya anda baiknya memilih rengginan yang masih mentah. Anda  tinggal menggorengnya saja saat ingin menikmatinya. Perlu anda ketahui saat menggoreng usahakan minyak telah panas, karena kalau belum bisa menyebabkan rengginan jadi keras.

Ada dua rasa dari rengginan ini yaitu manis dan gurih. Tapi kalau anda penasaran dengan rasanya langsung pilih aja keduanya. Harga rengginan mentah itu berkisar sekitar Rp22.000-Rp25.000.

Roti Kecik Ganep

idetraveling.com/

Roti kecik ganep khas Solo ini terbuat dari tepung ketan. Roti ini rasanya manis dan gurih, selain itu juga  tahan lama sehingga cocok sekali untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Juga cocok jika dikonsumsi dengan teh hangat saat anda sedang bersantai.

Anda dapat membelinya dengan berbagai kemasan, mulai dari kemasan yang 45 gram hingga kemasan yang setenggah kilogram. Harganya pun cukup murah untuk makanan unik khas Solo ini, mulai dari Rp5.000 sampai Rp60.000 .

Srundeng

tempatwisatakeluarga.com

Srundeng ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan abon. Persamaan adalah sama-sama  berwarna kecoklatan karena digoreng dan juga berbentuk serpihan kecil juga cocok untuk lauk makan. Perbedaan dasar srudeng dan abon hanya pada bahan yang digunakan.

Jika abon dari daging kalau srundeng dari bahan parutan buah kelapa. Srundeng khas solo dapat anda jadikan pilihan oleh-oleh unik yang praktis dan pastinya juga lebih murah harganya dibandingkan abon sapi atau ayam.

Brem solo

http://www.elevenia.co.id

Banyak orang yang mungkin akan mengasosiasikan brem dengan kota Madiun. Ternyata Solo juga memiliki brem sebagai salah satu makanan unik dan sebagai oleh-oleh yang murah meriah. Rasa dan bahan pembutannya sama seperti brem Madiun, brem Solo juga dibuat dari sari tape ketan.

Salah satu hal yang membedakan antara brem Madiun dan brem Solo ada pada bentuknya. Jika brem Madiun memiliki bentuk kotak, maka brem dari kota Solo memiliki bentuk bulat pipih. Warna brem Solo juga lebih putih dan memiliki tekstur lebih kering.

Serbat Jahe

www.bukalapak.com

Satu yang tak kalah nikmmat juga adalah sajian minuman selain dari makanan. Ada sebuah minuman khas tradisional Solo yang bisa membuat badan anda hangat dan nyaman yaitu wedang serbat jahe.

Serbat terbuat dari rempah-rempah dan jahe, biasanya serbat sudah dikemas dalam bentuk tablet dan dijual dalam kemasan berbentuk panjang dengan isi beberapa tablet. Uniknya selain bisa langsung dibuat minum, serbat juga bisa dikonsumsi layaknya memakan permen.

Soal harga jangan khawatir selain murah juga cukup terjangkau bagi kantong anda. Jadi silahkan bagi anda yang ingin menjadikan serbat sebagai oleh-oleh di rumah.

Klengkam

babacaca.com

Klengkam adalah sebutan dari kering kentang yang diberi bumbu rempah-rempah. Sehingga menghasilkan rasa yang begitu nikmat ketika disajikan sebagai pelengkap makan. Selain itu makanan ini bisa tahan lama, jadi sangat cocok untuk pilihan oleh-oleh anda.

Kalian tidak usah pusing mencari makanan ini, karena makanan ini sangat mudah di temukan di pusat oleh-oleh khas Solo.

Bakpia Balong

/www.tokopedia.com

Tak hanya di Kota Gudeg saja, Solo juga punya bakpia dengan rasa yang khas berbeda dengan yang ada di Jogja. Disini anda bisa menemukan bakpia balong yang memiliki varian rasa unik seperti ketan, kacang hitam dan coklat.

Ukuran bakpia balong oleh-oleh khas Solo ini lebih besar dari bakpia pada umumnya. Teksturnya pun lembut dengan paduan isi dalamnya.

Mata Maling

www.google.co.id

Pernahkah anda mendengar  oleh-oleh yang satu ini? Dari namanya pun sudah sangat aneh sekali bukan?

Yah mata maling ini merupakan camilan yang dibuat dari kulit biji melinjo. Setelah dibumbui dengan rempah-rempah, gula dan cabe kulit melinjo tadi lantas digoreng hingga matang. Selain renyah, mata maling juga sangat lezat dengan cita rasa gurih, manis, pedas berbalut sedikit rasa pahit dari kulit melinjo.

Cemilan khas Solo ini bisa kalian nikmati sebagai lauk makan atau camilan biasa.Menggiurkan bukan?

Balung Kethek

www.google.co.id/

Dalam bahsa Indonesia, balung kethek memiliki arti tulang monyet. Tapi sejatinya makanan khas ini mirip dengan balado keripik singkong, bedanya hanya pada ketebalan potongan singkongnya. Renyah, gurih, sesansi itu yang bakal pertama kali terasa di lidah ketika anda menikmati jajanan ini.

Balung kethek juga mempunyai varian rasa yang beragam, mulai dari rasa jagung manis yang menjadi best seller, rasa balado, ras ayam bakar, rasa gurih, rasa pedas, rasa keju, dan tentu saja rasa manis dan pedas sebagai rasa asli dari balthek sendiri. Makanan ini juga bisa tahan lama jadi bisa kalian masukkan kedaftar oleh-oleh.

Kue Solo Prabu

www.google.co.id/

Awalnya, kue Solo prabu diluncurkan dengan lima varian rasa dengan produk yang sama. Ada Yudhistira O’Cheese, Bima Green tea, Arjuna Bluberry, Nakia Chocolate, dan Sadewo Taro. Judul makanan yang diambil dari nama Pandawa lima ini merupakan oleh-oleh kekinian dengan bahan utama pastry yang dilapisi krim dan aneka topping yang menggugah selera.

Menariknya di sini varian kuenya mengikuti nama para tokoh perwayanggan, seperti semar keju, petruk tiramisu, gareng black velvet. Harganya agak sedikit tinggi, maklum namanya juga kue kekinian jaman now. Harganya mulai dari Rp40.000 – Rp55.000 per kotak kue.

Kue Solo Pluffy

www.google.co.id/

Tidak kalah dengan kue Solo Prabu, Solo juga mempunyai kue kekinian lainya yaitu kue Solo pluffy. Usaha kue Solo pluffy ini milik seorang aktris jakarta yaitu aktris Jessica Mila. Kue Solo pluffy ini memiliki tekstur lembut dan berbentuk bundar besar, selain itu rasanya pun juga sangat enak.

Dengan beragam varian rasa yang ditawarkan yaitu original, green tea cornflake, choco cornflake, cheese dan strawberry. Harga satu kotak kue Solo pluffy adalah Rp40.000-Rp58.000. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh ini hanya di toko Solo pluffy Jln Ronggowarsito.

Kaos Khas Solo

www.google.co.id/

Kaos khas Solo sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk teman dan keraba dekat, Dibandingkan dengan oleh-oleh makanan, kaos biasanya cenderung lebih berkesan. Hal ini dikarenakan makanan sekali dinikmati langsung habis sekali makan.

Kalau kaos cenderung bisa digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama. Kaos ini di desain berupa ungkapan khas orang Solo hingga gambar bangunan ikonik kota Solo. Untuk mendapat oleh-oleh berupa kaos khas Solo, anda dapat mengunjungi beberapa sentra oleh- oleh atau pasar tradisional (biasa nya harga kaos di pasar bisa lebih murah).

Batik Solo

www.google.co.id/

Satu lagi produk oleh-oleh khas Solo yang tahan lama yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif pilihan oleh – oleh untuk teman dan kerabat, yaitu Batik Solo. Seperti yang telah kita ketahui bersama, Batik merupakan salah satu kain tradisional yang dimiliki oleh warga Jawa, termasuk salah satu nya adalah di Kota Solo, Jawa Tengah.

Nah, karena harga produk kain batik di Indonesia tergolong cukup murah, produk batik asal Solo biasa nya sering dijadikan sebagai oleh – oleh oleh kalangan wisatawan. Bila Anda hendak menjadikan batik sebagai oleh – oleh untuk orang spesial, Anda bisa membeli kain atau pun baju batik tulis yang notabene memiliki banderol harga agak sedikit lebih mahal.

Membeli oleh-oleh tidak selalu harus menguras isi dompet; karena selalu ada alternatif oleh-oleh unik yang tidak mahal. Beberapa makanan dan sovenir unik tadi dapat menjadi referensi bagi siapapun yang berkunjung ke kota Solo dan ingin pulang dengan membawa oleh oleh khas Solo. Demikian ulasan seputar 18 macam oleh-oleh khas Solo yang dapat menjadi pilihan buah tangan Anda.

Semoga dengan ulasan diatas bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita bersama, oleh-oleh pun setiap daerah pasti berbeda-beda juga. Untuk lebih detailnya kunjungi terus web ini terima kasih.

 

 

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *