15 Jenis Tumbuhan Langka di Indonesia yang Hampir Punah

Tumbuhan langka di Indonesia_ Negara kepulauan Indonesia adalah salah satu neagar yang populer akan kekayaan sumber daya alamnya. Salah satunya adalah tumbuhan, beragam macam bunga hias dan tanaman hias. Juga ada tumbuhan langka di Indonesia, semua tumbuh dengan subur di negara sub-tropis yang kita cintai ini.

Sehingga tak sedikit dari tanaman tersebut yang dilindungi karena jumlahnya yang terbatas dan kian menipis seiring berjalannya waktu. Bagi kita wajib mengetahui tumbuhan apa aja yang langka, kemudian kita ikut melestarikannya.

Macam Jenis Tumbuhan Langka di Indonesia

Memang tak sedikit tumbuhan yang tumbuh di negara Indonesia, akan tetapi jumlah tumbuhan langka bisa anda simak pada artikel ini.

Cendana

tumbuhan langka di Indonesia
dhanyinfo.com

Cendana merupakan tumbuhan yang mempunyai beragam manfaat. Kayunya dapat digunakan sebagai bahan pembuatan aroma terapi, parfum, dan rempah-rempah. Konon bau harum yang berasal darikayu cendana ini bisa awet sampai ratusan tahun.

Karena manfaatnya yang begitu banyak pohon ini menjadi populer dikalangan masyarakat Indonesia. Akan tetapi budidaya pohon cendana ini masih sulit dilakukan, sehingga status tumbuhan ini sekarang terancam punah.

Di masa awal pertumbuhannya, kecambah cendana adalah tumbuhan parasit yang hidup dengan tumbuhan lain. Ini dikarenakan ia tak bisa hidup secara mandiri. Maka dari itu populasi cendana berkurang dan minyak dasar dari kayu cendana juga sangat mahal sekarang.

Bunga Bangkai

tumbuhan langka di Indonesia
4muda.com

Bunga bangkai merupakan salah satu tumbuhan langka di Indonesia, bunga raksasa ini sangat unik karena dapat mengeluarkan bau busuk seperti bangkai. Bau busuk tersebut sebetulnya bertujuan untuk mengundang kumbang dan lalat agar hinggap dan membantu penyerbukannya.

Bunga ini bisa tumbuh tinggi hingga mencampai 4 meter, saat bunga ini mekar bagian luarnya berwarna putih krem sedang mahkotannya berwarna merah tua keunguan. Bunga bangkai hanya akan mekar selama 7hari sampai kemudian mati atau tumbuh kembali.

Tumbuhan ini dapat berbunga sampai rentang waktu yang lama bisa sekitar 5 tahun sekali. Habitat asli bunga langka ini ada di Sumatera. Akan tetapi saat ini sudah banyak dilestarikan di daerah lain seperti Taman hutan raya, Bandung.

Rafflesia Arnoldii

tumbuhan langka di Indonesia
breakingnews.co.id

Rafflesia Arnoldii juga merupakan bunga raksasa yang mengeluarkan bau busuk menyengat ketiak mekar. Kadang banyak orang yang keliru menyebut bunga ini sebagai bunga bangkai. Bunga ini tumbuh melebar kesamping dan bukan meninggi seperti bunga bangkai.

Ketika bunga ini mekar diameternya bisa mencapai 1 meter dengan berat hingga 10 kg. Masa tumbuhnya sampai mekarnya adalah sekitar 9 bulan lamanya. Tumbuhan langak di Indonesia ini hanya akan mekar selama 7 hari sebelum kemudian layu dan mati. Saat ini populasi bunga ini semakin menyusut karena habitat yang semakin sempit dengan adanya alih fungsi hutan menjadi area pertanian, pemukiman, ataupun pertambangan.

Damar

tumbuhan langka di Indonesia
biodiversitywarriors.org

Tumbuhan langka di Indonesia selanjutnya adalah pohon damar. Pohon ini memilki batang dengan tinggi sekitar 60 meter, dan tumbuhnya ada di berbagai daerah di Indonesia dengan sebutan yang berbeda-beda seperti kisi (Buru), salo (Ternate), dayungon (Samar), ki damar (Sundal), dan lainnya.

Selain kayu yang bisa di manfaatkan dari pohon ini getahnya pun juga bisa untuk digunakan sebagai bahan pembuatan kopal. Kopal merupakan salah satu bahan dasar cairan pelapis kertas dan juga lak atau vernis.

Kantong Semar

tumbuhan langka di Indonesia
kaskus.co.id

Salah satu tanaman yang unik  karena dapat memangsa berbagai serangga di dekatnya seperti lalat, lebah, dan lainnya adalah kantong semar. Tumbuhan karnivora ini sudah cukup langka sehingga harus dibudidayakan agar tidak cepat punah.

Kantong semar sendiri baru bisa memangsa serangga ketika usianya sudah dewasa. Bunga ini akan membuka kantung agar ada serangga yang masuk kedalam. Nah, jika sudah ada yang terjebak masuk, secara otomatis kantung itu menutup dan mencernanya.

Ulin

tumbuhan langka di Indonesia
news.detik.com

Tanaman ini sering disebut juga sebagai bulian atau kayu besi yang merupakan tumbuhan khas Kalimantan. Pohon ulin ini mampu menghasilkan kayu yang sangat kuat, sehingga banyak digunakan sebagai bahan konstruksi bagunan seperti rumah, jembatan, kapal laut, dan sebagainya.

Tumbuhan langka di Indonesia ini mampu tumbuh tinggi hingga mencapai 36 meter dengan diameter batang sebesar 95 meter. Sayangnya pohon ini sulit diperkembangkan sehingga populasinya menyusut jika habitatnya semakin berkurang.

Anggrek Tebu

tumbuhan langka di Indonesia
sandiorchid.com

Salah satu keluarga bunga anggrek yang terbesar dan paling berat adalah jenis anggrek tebu. Beratnya bisa mencapai 1 ton dan tumbuh tinggi hingga 3 meter. Karena ukurannya yang besar ini, bunga tersebut sering di sebut sebagai anggrek raksasa.

Bunga ini memiliki warna kuning berkombinasi bintik-bintik warna coklat, merah dan merah kehitaman. Keunikan dari bunga ini adalah kalau sudah dipotong dia masih mampu hidup hingga 2 bulan. Karena kelangkaan bunga ini maka dia dilindungi oleh pihak setempat.

Tengkawang

tumbuhan langka di Indonesia
twitter.com

Tengkawang adalah pohon yang tumbuh di kalimantan dan bisa diambil manfaatnya yaitu berupa minyak. Pohon ini memiliki beragam macam jenis dimana 12 diantaranya saat ini sudah dilindungi oleh pemerintah karena terancam akan kepunahannya.

Minyak pohon tengkawang ini dihasilkan dari biji-biji yang berjatuhan. Cara pengolahan sebelum menjadi minyak, biji ini dijemur dan disalai dahulu hingga kering. Kadang biji ini juga merupakan makanan bagi babi hutan dan binatang liar lainnya.

Kegunaan dari minyak ini bisa sebagai bahan penyedap makanan dan bahan obat-obatan tradisional. Kalau dalam indrustri modern saat ini, minyak yang memiliki julukan green butter sering di jadikan sebagai bahan pembuatan kosmetika, lilin, sabun, dan lainnya.

Daun Payung

tumbuhan langka di Indonesia
indonesiakuhebatt.blogspot.com

Nama lain dari tumbuhan langka di Indoneisa ini adalah daun sang dan salo yang merupakan tanaman yang banyak hidup di daerah Sumatera. Kalau nama ilmiah darinya adalah Johannestijsmania altifrons diambil dari penemunya yaitu Profesor Teijsman.

Ciri-ciri tumbuhan ini memiliki daun yang sangat besar, lebar, dan kuat. Di jaman dahulu daun ini digunakan sebagai atap atau dinding di rumah. Karena fungsinya tersebut, maka tanaman ini disebut sebagai daun payung.

Edelweiss Jawa

tumbuhan langka di Indonesia
id.wikipedia.org

Nama lain dari edelweiss Jawa adalah bunga senduro yang merupakan salah satu jenis bunga yang saat ini sudah sangat kritis keberadaannya. Biasanya bunga ini banyak hidup di daerah pegunungan Jawa. Bahkan, bunga ini yang menjadi tanaman pertama kali tumbuh setelah terjadinya erupsi gunung berapi.

Bunga ini masih dapat terlihat segar meski sudah dipetik dari tangkainya. Hal ini yang membuat banyak dari para pendaki yang mengambil bunga ini sebagai kenang-kenangan. Dan hasilnya populasi bunga ini menurun drastis dan kin sudah diambang kepunahan.

Edelweiss Jawa biasanya mulai bermekaran pada bulan April hingga Agustus dan bunga ini dapat hidup hingga 100 tahun dengan tinggi mencapai 8 meter. Lebih dari 300 serangga yang hinggap dan menghisap madu bunga ini.

Akar Karak

tumbuhan langka di Indonesia
newsd.in

Akar arak merupakan pohon yang memiliki batang kuarng lebih 15 cm dan tinggi kira-kira 14 cm. Batang dari pohon ini terlihat putih dan bergetah jika disentuh. Biasanya ditanaman pada dataran yang memiliki ketinggian sekitar 1700 m, entah di lereng bukit atau di dekat aliran sungai.

Tumbuhan langka di Indonesia ini sekarang sudah tersebar di beberapa negara tetangga, seperti Malaysia, Filipina, Thailand, dan Myanmar. Selain itu, pohon yang telah terancam punah ini juga sedang diusahakan keberadaannya di pulau Kalimantan dan Sumatera.

Jelutung

tumbuhan langka di Indonesia
id.wikipedia.org

Pohon jelatung ini tumbuh besar dengan diameter batang 159 cm dan tingginya mencapai sekitar 75 cm. Tanaman ini bisa tumbuh subur jika di dataran rimba, tanah berpasir, dan perbukitan 400mpdl. Manfaat yang bisa diambil dari pohon ini adalah getahnya yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan permen karet.

Selain itu kayunya juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan perlengkapan dan alat bantu lainnya. Tapi sayangnya keberadaanya saat ini semakin sulit, dan masih dalam masa budidaya dibeberapa negara Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Sarang Semut

tumbuhan langka di Indonesia
kaltim.tribunnews.com

Di namakan sarang semut karena pohon ini sering kali menjadi tempat tinggal atau rumah bagi semut yang akan mengumpulkan makanan. Entah itu untuk raja mereka atau untuk keluarga mereka sendiri. Nama latin darinya adalah myrmecodia pendans yang keberadaannya sekarang sudah mulai langka.

Purwaceng

tumbuhan langka di Indonesia
tokoikhtiar.com

Jaman dahulu kala purwaceng pernah dimanfaatkan sebagai obat kuat untuk para raja dan penghuni istana Jawa lainnya. Bebagai studi pun telah membuktikan bahwa tumbuhan langka di Indonesia ini berkhasiat untuk menambah stamina atau vitalitas pria. Pohon ini banyak ditanam di daerah dataran tinggi dan pegunungan seperti Dieng.

Kokoleceran

tumbuhan langka di Indonesia
sayanusantara.com

Tanaman endemik yang mulai langka ini merupakan maskot khas Provinsi Banten. Sekarang kebradaannya sedang di lindungi di Taman Nasional Ujung Kulon. Tanaman ini mampu tumbuh tinggi hingga 30 meter dengan bagian pohon muda yang di balut oleh bulu halus lebat.

Kokoleceren memiliki daun yang berbentuk melanset atau melonjong. Tangkai daunnya memiliki panjang 2,2 cm, dan bunganya mempunyai panjang 7 cm. Sedangkan buah darinya berbentuk agak bulat disertai tangkai pendek ukuran 55 mm.

Nah, begitulah macam tumbuhan langka di Indonesia. Bila anda mengetahui salah satu darinya maka alangkah baiknya jika kita ikut menjaganya. Sekian dari kami terima kasih atas perhatiannya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *